Kepala BNPB Doni Monardo Beserta Rombongan Kunjungi Korban Banjir Bandang Garut

Kepala BNPB Doni Monardo Beserta Rombongan Kunjungi Korban Banjir Bandang Garut

JAKARTA - Banjir bandang yang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Garut menjadi perhatian pemerintah pusat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) langsung turun meninjau lokasi bencana.

Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Covid-19, Letjen Doni Monardo mengunjungi langsung korban banjir bandang. Bersama rombongan, Doni langsung meluncur ke lokasi banjir bandang di Pamengpeuk Kabupaten Garut bagian selatan, Rabu (14/10) malam.

“Rabu, 14 Oktober 2020. Pukul 21.30. Kami berangkat ke lokasi banjir di Garut Jabar. Di tengah kesibukan menangani pandemi Covid-19, Letjen Doni segera bergegas menuju Garut, memastikan ‘negara’ dan ‘pusat’ hadir saat rakyatnya diterpa bencana,” ujar Egy Massadiah TA BNPB, Staf Khusus Doni Monardo dalam perjalanan darat menuju Garut.

Baca juga:

Banjir Bandang Pameungpeuk Garut, Ratusan Warga Dievakuasi

Tiga Kecamatan di Garut Selatan Dilanda Banjir Bandang, Ratusan Rumah Terendam

Dampak Banjir di Cianjur, 216 Rumah Rusak

Untuk diketahui, ada enam kecamatan di Kabupaten Garut dilanda bencana alam pada Senin (12/10) kemarin. Terparah, adalah banjir bandang yang menerjang Kecamatan Cibalong, Cikelet dan Pameungpeuk.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Garut, sebanyak 992 KK di Pameungpeuk dan 127 KK di Cikelet terdampak.

Di Kecamatan Pameungpeuk, 35 unit rumah dilaporkan rusak ringan, 20 unit rusak sedang dan tujuh unit rusak berat.

Selain itu, banjir juga membuat satu masjid rusak ringan, satu sarana pendidikan rusak ringan, dan tiga jembatan gantung rusak berat.

Sementara di Kecamatan Cikelet, banjir bandang menyebabkan satu tembok penahan tebing rusak, sawah terendam, dan abrasi tanah di bantaran sungai.

Di Desa Mekarsari, dua jembatan yang ada di Kampung Bangbayang dan Kampung Rancahayam terputus akibat diterjang air sungai yang meluap.

Rusaknya dua jembatan tersebut, maka akses jalan ke Kampung Bangbayang saat ini terputus total. (hsn/rom/kp)

https://youtu.be/4cF347WSWto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: